Thursday, 1 January 2015

Begini Cara Kerja Flightradar24 Memantau Pesawat

Musibah hilang kontak pesawat AirAsia QZ8501 dari Surabaya menuju Singapura membuat aplikasi pemantau pesawat kembali digunakan. Aplikasi seperti Flightradar24, mendorong orang awam pun turut mencari pesawat yang hilang.
http://us.images.detik.com/content/2014/12/29/398/fr24.jpgSebetulnya, aplikasi Flightradar24 merupakan layanan untuk mencari informasi data pesawat secara real time, seperti lokasi pesawat, nomor lambung, ketinggian dan jejak perjalanan.

Bisa diakses secara umum dan bebas, bagaimana sebetulnya kerja aplikasi Flightradar24 ini?

Dikumpulkan dari berbagai sumber, yang detikINET kutip, Senin (29/12/2014), sebetulnya ada tiga pasokan data yang didapatkan oleh Flightradar24, yakni Automatic Dependent Surveillance-broadcast (ADS-B), Multilateration (MLAT), dan Federal Aviation Administration (FAA).

Sumber FAA, ini merupakan data yang berasal dari Badan Administrasi Penerbangan Amerika Serikat. Sehingga, ruang cakup pesawat di wilayah udara AS, bisa didapatkan melalui data yang diambil dari FAA.

Lalu, data pesawat di luar AS tentu saja tak bisa diambil dari FAA ini. Untuk itulah Flightradar mengumpulkannya dari MLAT. Data ini sebetulnya dibuat sebelumnya untuk militer.

MLAT ini menaruh semacam stasiun pemancar di darat, yang ditempatkan di lokasi startegis di sekitar bandara, terminal lokal, dan daerah yang lebih luas yang mencakup wilayah udara lebih besar.

No comments:

Post a Comment